Jumat, 27 Februari 2015

Pidato Bahasa Indonesia Jenis-Jenis Sampah dan Cara Mengurangi Sampah






 












Disusun Oleh :
Ammarullah S. P.                  (02/9A)







SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 MALANG
Jalan R. Tumenggung Suryo 38 Telp. (0341) 491806 Faks. (0341) 476082
E-mail : smpn20_malang@yahoo.com Website : www.smpn20-malang.sch.id
Tahun Pelajaran 2014-2015




Assalamualaikum.WR.WB
            Puji syukur kita hadiratkan kepada Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhamad SAW,
            Hadirin yang berbahagia. Perkenankan saya membacakan pidato berkenaan dengan sampah. Sampah itu sendiri dapat diartikan sebagai material sisa baik dari hewan, tumbuhan, maupun manusia yang tidak terpakai lagi dalam bentuk padatan, cair, dan gas.
            Hadirin yang berbahagia. Sampah dapat dibedakan berdasar sifatnya yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat dibusukkan. Seperti daun, makanan, buah buahan dan sebagainya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah terurai. Contohnya seperi botol, kaleng, plastik wadah pembungkus dan sebagainya. Sampah anorganik lebih banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Sampah anorganik dapat dijadikan sampah komersil. Hal ini disebabkan karena sampah jenis ini masih laku dijual dan dapat dikembangkan menjadi beberapa jenis kerajinan
            Sampah berdasar bentuknya dapat dibedakan menjadi padatan, cair, dan gas. Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia, urine dan sampah cair. Sampah ini dapat berupa sampah rumah tangga, sampah dapur dan sebagainya. Berdasar bahanya. Sampah ini dapat dikelompokan menjadi sampah organik dan anorganik. Sedangkan berdasar biodegradability/kemampuan diurai oleh alam. Sampah dapat dibedakan menjadi: biodegradable dan non-biodegradable. Biodegradable/sampah yang dapat diurai sempurna oleh alam. Baik aerob maupun anaerob. Contohnya sampah dapur, Sisa-sisa hewan. Sedangkan non-biodegradable berarti sampah yang tidak terurai sempurna maupun tidak dapat terurai oleh proses biologi. Sampah ini dapat dibagi lagi menjadi sampah yang dapat didaur ulang dan yang tidak dapat didaur ulang. Sampah dapat didaur ulang karena dapat diolah dan digunakan kembali serta memiliki nilai ekonomi. Sebagai contoh: daur ulang botol plastik menjadi bijih plastik. Sampah tidak dapat didaur ulang karena tidak dapat diolah dan tidak memiliki nilai ekonomi. Sebagai contoh kertas karbon.
            Sampah cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan kembali. Sampah ini dapat berupa :limbah ihitam, limbah rumah tangga. Limbah hitam berupa sampah cair yang berasal dari toilet. Sampah ini mengandung patogen yang berbahaya. Sedangkan rumah tangga dihasilkan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian. Sampah ini dimungkinkan mengandung patogen. Patogen itu sendiri adalah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya.
            Hadirin yang berbahagia. Sampah dalam jumlah besar datang dari industri/rumah tangga yang biasa kita sebut dengan limbah. Hampir semua produk industri akam menjadi sampah pada suatu waktu. Sampah dapat berada pada setiap fase: padat,cair, atau gas. Ketika dilepaskan dalam bentuk cair dan gas. Terutama dalam bentuk gas sampah dapat dikatakan sebagai emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi
            Hadirin yang berbahagia. Salah satu polusi dari sampah yang tidak dapat dianggap enteng adalah gas methan. Gas ini dapat dihasilkan oleh proses fermentasi bahan organik.  Methane banyak tersimpan di alam dalam bentuk methane beku methane beku biasanya tersimpan di kutub-kutub, lautan, lapisan es permanen. Gas methane ini dapat menyebabkan rusaknya ozon dan dapat mengganggu pernafasan manusia. Selain itu gas ini bila tercampur dengan udara dapat berpotensi meledak. Pada TPA dapat terjadi ledakan akibat gas methan. Hal ini dapat disebabkan karena tumpukan sampah terguyur hujan gas methan akan keluar naik karena terdesak oleh adanya air Sesuai dengan hukum alam karena berat jenis methane lebih ringan daripada air.
            Hadirin yang berbahagia. Tentunya setelah mengetahui dampak dan arti dari sampah itu sendiri. Kita sebagai manusia dituntut untuk menjaga lingkungan ini dari tumpukan sampah yang dapat merusak lapisan ozon karena adanya gas methan tersebut.  Secara estestika tentunya tumpukan sampah juga tidak sedap dipandang. Dan juga dapat berdampak buruk kepada kesehatan karen menjadi sarang penyakit
            Hadirin yang berbahagia. Cara untuk menjaga lingkungan dari sampah tidaklah harus dengan selalu melaksanakan bakti sosial setiap minggu. Kita dapat melakukanya melalui hal-hal kecil. Seperti memilah sampah organik dan anorganik. Hal ini akan membantu kelancaran daur ulang sampah. Selain memilah sampah kita juga dapat melakukan metode 3R. Metode ini memiliki makna : reduce, reuse, recycle. Reduce atinya kita dapat menggunakan barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang sehingga sampah yang kita hasilkan setiap hari dapat berkurang. Reuse artinya menggunakan kembali barang, sedangkan recycle berarti mendaur ulang kembali sampah.
Hadirin yang berbahagia. Sampah bukanlah sekedar limbah. Dengan pengolahan yang baik. Sampah dapat menjadi barang menjadi barang bernilai jual tinggi. Maka marilah kita memulai untuk mengurangi sampah dari diri kita sendiri. Sehingga terciptalah bumi yang sehat tanpa sampah.
Terima kasih atas perhatianya, mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan
            Wassalamualaikum.WR.WB

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About