Menjadi Pengusaha
MLM?
Penulis : Andrias Harefa
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Keempat , Juli 2002
Tebal : 161 halaman
ISBN : 978-979-655-327-3
Tak
dapat dipungkiri lagi bahwa seiring berjalanya waktu model-model pemasaran
produk terus berkembang dan bermetamorfosis menjadi sebuah teknik yang
digunakan secara umum. Salah satunya adalah teknik pemasaran Multi Level
Marketing ini. Teknik ini dianggap lebih
efektif karena produk yang ditawarkan akan langsung sampai ke tangan konsumen
tanpa melalui jaringan distribusi yang sangat panjang seperti yang umumnya
terjadi pada bisbis tradisional/konvensional.
Sang
penulis. Andrias Harifa. Sebagai seorang trainer,writer, dan sekaligus seorang
motivator mengungkapkan dengan apik apa saja dasar yang perlu diketahui dalam
memulai berbisnis MLM. Penulis juga memberikan contoh-contoh orang yang sukses
dalam bisnis MLM. Buku ini juga menjelaskan kepada kita agar dapat membedakan
apa itu bisnis MLM dan apa itu bisnis piramida/money game/arisan berantai dan
sebagainya. MLM merupakan satu-satunya bisnis yang menggunakan sistem komisi
downline yang bersifat legal dan tidak melanggar undang-undang. Tidak seperti sistem pemasaran lain yang
menggunakan sistem yang mirip. Hal ini dijelaskan dengan cukup baik. Karena
bisnis MLM tidak memusatkan bisnisnya pada pencarian komisi melalu pencarian
anggota baru, namun dijelaskan bahwa MLM mencari penghasilan utamanya melalui
penjualan produk yang sudah terjamin kualitasnya.
Dan
tentunya sesuai judul buku ini, buku inipun dapat menjadi panduan serta
motivator bagi orang yang baru terjun dalam dunia MLM ini. Bentuk buku yang
minimalis pun cocok untuk menjadi buku panduan yang pas masuk di saku. Beberapa
kiat yang terdapat didalam buku ini adalah:merajut cita-cita yang membangkitkan
semangat juang, membangun keyakinan yang teguh,menggunakan produk. Beberapa
kiat ini kemudian dijabarkan sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga didapat
penjelasan yang lebih spesifik. Dan juga sebagai dasar untuk memulai bisnis
MLM. Dibutuhkan tekad, tujuan dan usaha yang jelas. Serta karena sebagai
distributor yang bertugas untuk memasarkan produk tesebut. Tentunya juga harus
mau untuk memakai produk dari produk tersebut agar dapat meyakinkan sang
pembeli. Sebagai contoh: apabila seorang pembeli bertanya kepada anda mengenai
kualitas produk tersebu dan bagaimana dampaknya. Apabila anda menyebutkan
sesuai yang tertulis di kemasan dan menunjukkan gambar model sebagai contoh.
Maka pembeli akan membutuhkan waktu yang lebih panjang untukl berfikir. Namun
apabila anda juga ikut menggunakan. Maka pembeli akan langsung pecaya karena
bukti nyata yang sudah terdapat didepang mata.
Selain
memiliki 3 hal diatas. Kita membutuhkan semangat yang kuat. Menjadi seorang
yang giat belajar. Tidak terpatok pada teori. Dan mampu memperkirakan apa saja
yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga kejadian yang tidak menguntungkan dan
berujung pada gulung tikar dapat dihindari dengan cepat. Dijelaskan pula bahwa
saat kita menentukan apa yang akan kita tuju. Bukanlah hanyalah sebuah tulisan
yang terkadang terlupakan. Namun harus dilengkapi dengan tenggang waktu yang
ditargetkan dan diteruh di tempat yang dapat dengan mudah dibaca/atau mudah
terlihat. Penulis mencoba untuk menyammpaikan beberapa hal yang bisa
digolongkan sebagai hal khusus. Yang pada saat penerbitanya tidak ada buku yang membahas serinci itu. Penulis juga
memberi tahu bagaimana untuk mengetahui MLM dan “MLM abal-abal” serta
memberikan cara penghitungan komisi dengan tepat untuk menghindari kecurangan
dari atasan. Namun meskipun buku ini sudah tergolong best seller. Isi buku ini
masih berupa teori yang belum tentu kkita temui pada dunia nyata. Sehingga buku
inipun tetap menuntut pembaca untuk belajar lebih mengenai bisnis ini
bagus banget review bukunya kak
BalasHapusElever Agency