Jumat, 27 Februari 2015

Resensi Buku



Menjadi Pengusaha MLM?
                                    Judul buku      : 10 Kiat Sukses Distributor MLM
                                    Penulis             : Andrias Harefa
                                    Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
                                    Cetakan           : Keempat , Juli 2002
                                    Tebal               : 161 halaman
                                    ISBN               : 978-979-655-327-3




Tak dapat dipungkiri lagi bahwa seiring berjalanya waktu model-model pemasaran produk terus berkembang dan bermetamorfosis menjadi sebuah teknik yang digunakan secara umum. Salah satunya adalah teknik pemasaran Multi Level Marketing  ini. Teknik ini dianggap lebih efektif karena produk yang ditawarkan akan langsung sampai ke tangan konsumen tanpa melalui jaringan distribusi yang sangat panjang seperti yang umumnya terjadi pada bisbis tradisional/konvensional.
Sang penulis. Andrias Harifa. Sebagai seorang trainer,writer, dan sekaligus seorang motivator mengungkapkan dengan apik apa saja dasar yang perlu diketahui dalam memulai berbisnis MLM. Penulis juga memberikan contoh-contoh orang yang sukses dalam bisnis MLM. Buku ini juga menjelaskan kepada kita agar dapat membedakan apa itu bisnis MLM dan apa itu bisnis piramida/money game/arisan berantai dan sebagainya. MLM merupakan satu-satunya bisnis yang menggunakan sistem komisi downline yang bersifat legal dan tidak melanggar undang-undang.  Tidak seperti sistem pemasaran lain yang menggunakan sistem yang mirip. Hal ini dijelaskan dengan cukup baik. Karena bisnis MLM tidak memusatkan bisnisnya pada pencarian komisi melalu pencarian anggota baru, namun dijelaskan bahwa MLM mencari penghasilan utamanya melalui penjualan produk yang sudah terjamin kualitasnya.
Dan tentunya sesuai judul buku ini, buku inipun dapat menjadi panduan serta motivator bagi orang yang baru terjun dalam dunia MLM ini. Bentuk buku yang minimalis pun cocok untuk menjadi buku panduan yang pas masuk di saku. Beberapa kiat yang terdapat didalam buku ini adalah:merajut cita-cita yang membangkitkan semangat juang, membangun keyakinan yang teguh,menggunakan produk. Beberapa kiat ini kemudian dijabarkan sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga didapat penjelasan yang lebih spesifik. Dan juga sebagai dasar untuk memulai bisnis MLM. Dibutuhkan tekad, tujuan dan usaha yang jelas. Serta karena sebagai distributor yang bertugas untuk memasarkan produk tesebut. Tentunya juga harus mau untuk memakai produk dari produk tersebut agar dapat meyakinkan sang pembeli. Sebagai contoh: apabila seorang pembeli bertanya kepada anda mengenai kualitas produk tersebu dan bagaimana dampaknya. Apabila anda menyebutkan sesuai yang tertulis di kemasan dan menunjukkan gambar model sebagai contoh. Maka pembeli akan membutuhkan waktu yang lebih panjang untukl berfikir. Namun apabila anda juga ikut menggunakan. Maka pembeli akan langsung pecaya karena bukti nyata yang sudah terdapat didepang mata.
Selain memiliki 3 hal diatas. Kita membutuhkan semangat yang kuat. Menjadi seorang yang giat belajar. Tidak terpatok pada teori. Dan mampu memperkirakan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga kejadian yang tidak menguntungkan dan berujung pada gulung tikar dapat dihindari dengan cepat. Dijelaskan pula bahwa saat kita menentukan apa yang akan kita tuju. Bukanlah hanyalah sebuah tulisan yang terkadang terlupakan. Namun harus dilengkapi dengan tenggang waktu yang ditargetkan dan diteruh di tempat yang dapat dengan mudah dibaca/atau mudah terlihat. Penulis mencoba untuk menyammpaikan beberapa hal yang bisa digolongkan sebagai hal khusus. Yang pada saat penerbitanya tidak ada buku  yang membahas serinci itu. Penulis juga memberi tahu bagaimana untuk mengetahui MLM dan “MLM abal-abal” serta memberikan cara penghitungan komisi dengan tepat untuk menghindari kecurangan dari atasan. Namun meskipun buku ini sudah tergolong best seller. Isi buku ini masih berupa teori yang belum tentu kkita temui pada dunia nyata. Sehingga buku inipun tetap menuntut pembaca untuk belajar lebih mengenai bisnis ini

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About